Cara Mudah Membuat Tulisan Berjalan (marquee) di blog dengan Kode HTML

-- --
Cara Membuat efek goresan pena bergerak atau berjalan di halalaman blog, baik wordpress , blogspot maupun flatform blog lainnya bekerjsama sangat mudah sekali, cukup dengan beberapa baris arahan perintah saja maka goresan pena berjalan mampu anda pasang di halaman blog anda baik di adegan header, footer, body sidebar atau di adegan lainnya yang anda inginkan pada halaman blog anda.

Tulisan berjalan (running text) dikenal sebagai marquee, sebab untuk membuat goresan pena berjalan pada halaman blog anda, perintahnya yaitu menggunakan tag marquee, arahan perintah ini merupakan salah satu perintah kode tag HTML untuk membuat goresan pena menjadi bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.


text berjalan html marquee

Ada beberapa variasi gerakan yang mampu kita buat dengan arahan HTML marquee ini, ada yang goresan pena berjalan dari kiri ke kanan, berjalan dari kanan ke kiri, di ulang-ulang, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau mampu juga kita buat goresan pena bergerak mondar mandir secara acak, bahkan kita mampu dekorasi tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggabungkannya dengan arahan CSS.

Kali ini saya akan sajikan beberapa pola arahan HTML untuk membuat goresan pena berjalan dengan aneka macam macam variasi gerak yang mampu anda pilih dan tempelkan pada halaman blog anda untuk menghiasi blog anda biar lebih ramai dan menarik.

Format Kode HTML untuk Membuat Tulisan Berjalan


Format Kode html dasar untuk membuat goresan pena berjalan yaitu sebagai berikut:
<marquee [attribut] >sebuah text bergerak </marquee>
[attribut] sifatnya opsional (boleh disertakan boleh tidak), fungsinya untuk mengatur, mendekorasi atau memvariasikan goresan pena berjalan yang anda inginkan.

Macam-Macam Atribut Tag Marquee

Ada banyak atribut arahan HTML untuk tag marquee ini diantaranya adalah:
  • scrollday=angka, ini digunakan untuk mengatur delay goresan pena berjalan dalam milidetik (1/1000 detik), semakin besar angkanya maka gerakannya akan semakin lambat.
  • loop=angka | -1 | infinite, atribut loop ini digunakan biar goresan pena terus berulang sesuai dengan aturan yang kita pilih, kalau yang dimasukan angka maka goresan pena akan bergerak berulang-ulang sesuai dengan angka yang dimasukan, kalau yang dipilih yaitu -1, maka tidak akan diulang, kalau infinite maka akan berulang-ulang terus menerus.
  • width=angka/persentase, ini digunakan untuk mengatur lebar daerah goresan pena berjalan semakin besar angkanya akan semakin lebar
  • bgcolor=warna dalam bhasa inggris, atribut ini digunakan untuk menawarkan latar atau background pada goresan pena bergerak yang anda buat.
  • title=text, atribut ini digunakan biar goresan pena berjalan dikala di sentuh memakai mouse (mouse over) akan muncul pesan popup.
  • scrollmount=angka, atribut ini digunakan untuk mengatur kecepatan gerak tulisan, semakin besar angka yang dimasukan maka akan semakin cepat gerakannya
  • direction=left | right | up | down, atribut ini digunakan untuk mengatur arah gerakan goresan pena berjalan, mampu pilih salah satu left, atau right atau up atau down, kalau memilih left maka goresan pena akan berjalan ke kiri, kalau memilih right maka goresan pena akan berjalan ke arah kanan, kalau memilih up maka goresan pena akan berjalan ke atas dan kalau memilih down maka goresan pena akan berjalan ke arah bawah.
  • behavior=scroll | slide | alternate, atribut ini digunakan untuk mengatur jenis prilaku gerakannya, pilih slide kalau menginginkan goresan pena bergerak berhenti dan diulangi lagi dari awal, pilih scroll jika ingin teks bergerak sekali kemudian berhenti dan diulangi lagi, pilih Alternate jika ingin teks terlihat memantul/bouncing dari ujung kembali ke ujung.
  • style=kode_css, style diisi dengan arahan css, jadi anda harus menguasai arahan css untuk menggunakan atribut ini, arahan css gunanya untuk mendekorasi tampilan text berjalan yang anda inginkan menyerupai mewarnai text, mewarnai latar belakang tulisan, memilih font, memilih format font tebal miring dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui atribut untuk arahan html tag marquee di atas, maka anda akan dengan mudah membuat text berjalan untuk halaman blog anda dengan aneka macam macam variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Format Penulisan Attribut pada Tag Marquee

Atribut mampu anda masukan di dalam tag marquee lebih dari satu atribut, kalau atribut yang dimasukan lebih dari satu, maka setiap atribut yang satu dengan atribut lainnya dipisahkan dengan space, formatnya penulisannya kurang lebih akan terlihat menyerupai berikut:
<marquee atribut1='nilai_attr1'  atribut2='nilai_attr2' attribut3='nilai_attr3' attribut_n='nilai_attr_n'>text berjalan</marquee>
Nilai atribut mampu menggunakan kutif tunggal, kutif ganda atau tanpa kutif, karakter besar dan karakter kecil tidak dibedakan.

Contoh Cara Mebuat Tulisan Berjalan dengan aneka macam variasi

Berikut saya sajikan beberapa pola cara membuat goresan pena berjalan dengan beberapa variasi yang mampu anda terapkan pada blog anda:

#1. Membuat Tulisan berjalan standar (dari kanan ke kiri)

Kode Html:
<marquee> Ini pola goresan pena berjalan</marquee>
Hasil:
Ini pola goresan pena berjalan

#2 - Tulisan berjalan dari kiri ke kanan dengan efek memantul

Kode HTML:
 <marquee direction='left' behavior='alternate'> Ini pola goresan pena berjalan mondar mandir</marquee>
 Hasil:
Ini pola goresan pena berjalan mondar mandir

#3 - Tulisan Berjalan dari Kiri ke kanan

Kode HTML:
<marquee directoion='right'>Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan</marquee>
Hasil:
Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan

#4 - Tulisan Berjalan dari kiri ke kanan dengan efek memantul

Kode HTML:
<marquee direction='right' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul

#5 - Tulisan berjalan dari atas ke bawah

Kode HTML:
<marquee direction='down'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah

#6 - Tulisan Berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

Kode HTML:
<marquee direction='down' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

#7 - Tulisan berjalan dari kiri-ke kanan memantul dengan background kuning dan warna goresan pena merah

Kode HTML:
<marquee behavior='alternate' direction='right' bgcolor='yellow' style='color:red;font-weight:bold;'>
Hasil:
Tulisan berjalan berlatar kuning dengan warna goresan pena merah

#8 - Tulisan berjalan dengan gerak acak

Kode HTML:
<center><marquee direction="up" scrollamount="2" align="center" behavior="alternate" width="90%"><marquee direction="right" behavior="alternate"> Contoh Tulisan Berjalan </marquee></marquee></center>
Hasil:
Contoh Tulisan Berjalan

Kunci Penting Membuat Tulisan Berjalan

Sebenarnya untuk membuat goresan pena berjalan apapun jenis dan variasinya sangatlah mudah, apa yang harus anda pahami yaitu arahan berupa tag HTML untuk membuat goresan pena berjalan ayitu tag marquee, dan atribut yang dapat digunakan oleh tag html marquee tersebut, menyerupai yang sudah disebutkan di atas, dengan mengkombinasikan antara goresan pena berjalan dan juga atribut yang sudah ditentukan maka anda mampu membuat goresan pena berjalan sesuai dengan kreatifitas anda. silahkan bereksperimen sendiri dengan melibatkan atribut-atribut lainnya.

Bagaimana cara Menerapkan (memasang) goresan pena berjalan pada halaman blog anda?

Untuk memasang goresan pena berjalan pada halaman blog anda bukanlah perkara yang sulit, caranya sangatlah mudah sekali, ada dua cara yang mampu anda gunakan, yang pertama mampu melalui editor artikel yang anda buat dan yang kedua mampu melalui widget.

Melalui Artikel

Jika anda ingin memasang goresan pena berjalan hanya untuk beberapa artikel saja, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Saat anda sedang membuat artikel, masuk ke mode HTML
  • Kopikan salah satu arahan HTML goresan pena berjalan di atas pada adegan artikel yang anda ingin goresan pena bergerak tersebut muncul
  • Simpan artikel anda kemudian silahkan review untuk melihat alhasil sebelum dipublish

Melalui Widget

Kode HTML untuk goresan pena berjalan juga mampu anda pasang melalui widget blog, langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke halaman utama akun blog anda
  • Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu pilih menu tata letak / layout
  • Klik link tambahkan gadget yang ada, di adegan yang anda ingin goresan pena berjalan muncul
  • Lalu pilih widget HTML/Javascript, kemudian kopikan salah satu arahan di atas, lalu tekan tombol simpan
Dengan cara di atas goresan pena berjalan yang anda inginkan akan muncul di adegan widget yang anga tambahkan, silahkan dicoba.

Artikel menarik lainnya:
Cara membuat goresan pena terbalik

Itulah tutorial ihwal bagaimana cara membuat goresan pena berjalan untuk halaman blog anda, silahkan bereksperimen sendiri untuk membuat goresan pena berjalan sesuai dengan yang anda inginkan, arahan untuk membuat goresan pena berjalan yaitu arahan HTML standar, jadi anda mampu memasang arahan HTML untuk goresan pena berjalan apapun flatform blognya, baik blogspot, wordpress dan blog lainnya. selamat mencoba. dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Tulisan Berjalan (marquee) di blog dengan Kode HTML"

Posting Komentar